About

Aangedryf deur Blogger.

Sondag 07 April 2013

Save Hutan Kalimantan Barat

Posted by Unknown On 20:46 No comments


Kalimantan Barat merupakan salah satu Propinsi yang berada di Pulau Kalimantan. Luas Wilayah Propinsi Kalimantan Barat 146.807 km² atau 1,13 kali luas pulau Jawa. Daerah Kalimantan Barat dilalui oleh garis Khatulistiwa (garis lintang 0o) tepatnya di Kota Pontianak. Karena pengaruh letak geografis demikian maka Propinsi Kalimantan Barat memiliki musim tropik dengan suhu udara cukup tinggi serta diiringi kelembaban yang tinggi. Hal ini membuat kalbar memiliki potansi pertanian yang sangat luar biasa. Jumlah penduduk Kalimantan Barat tahun 2010 kurang lebih 4.395.000 juta jiwa. Dari total populasi tersebut jika dilihat berdasarkan suku bangsa, maka mayoritas dari penduduk Kalimantan Barat adalah suku Dayak 37%,  Melayu 37%, Cina 23%, jawa 10%, dan 5% adalah suku bangsa yang lainnya, seperti bugis, Madura, toraja dsb. Dilihat dari serapan tenaga kerja, mayoritas penduduk Kalimantan barat atau sebesar 80 % adalah kaum tani.

-  Kondisi singkat Kaum Tani di Kal-Bar.
Pertanian terbelakang di Indonesia didominasi oleh perkebunan besar milik perorangan keluarga tuan tanah besar dan perkebunan besar milik negara yang kedua-duanya berhubungan langsung. Saat ini perkebunan besar ini terdiri dari perkebunan besar sawit, perkebunan besar kayu, perkebunan besar tebu atau pangan lainnya, yang keseluruhanya berorientasi ekspor dan mengabdi pada kepentingan industri imperialis. Mayoritas kaum tani pedesaan hidup dengan hanya mengandalkan tanah dan kapital yang sangat terbatas, sebagian dari mereka bahkan tidak bertanah, akan tetapi menampung dan menghidupi bagian terbesar dari angkatan kerja di pedesaan. Karena itu, tanah masih menjadi masalah utama kaum tani Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. Kaum Tani adalah mereka yang hidup dan bekerja diatas tanah dan menjadikan tanah sebagai sasaran kerja utamanya. Selebihnya adalah nelayan, buruh serta pedagang kecil di perkotaan. Kalimantan Barat dikategorikan sebagai wilayah agraris jika melihat mayoritas penduduknya, sebab mereka mengolah alam dan tanah untuk mempertahankan hidupnya.
Kekayaan bumi Kalimantan Barat yang paling utama adalah luasnya tanah, hal ini bisa dilihat dari kepadatan penduduknya 28/Km/Orang serta areal untuk pemukiman hanya berkisar  0,83 %. Jenis tanahnya sangat baik sekali untuk usaha pertanian, perkebunan dan lainnya. Kawasan Hutan Kalimantan merupakan nyawa kehidupan bagi penduduk Kalimantan. Setidaknya 9.178.760 ha atau 57,68 % dari seluruh luasan Kalimantan Barat adalah kawasan hutan. Disamping itu bumi Kalimantan Barat mengandung kekayaan alam yang luar biasa khusunya tambang mineral, batu bara, minyak serta gas. Inilah yang menjadi daya tarik bagi investor untuk menanamkan modalnya di Kalbar, baik itu perkebunan sawit, HTI, HPH serta pertambangan. Melihat keadaan ini masyarakat wajib di sejahterakan dengan membuat sebuah desain pengolahan hutan yang dapat dikelola oleh msyarakat itu sendiri, dengan lestari. Masyarakat diareal HOB tidak dapat mengelola tanah mereka di karenakan industri ekstraktif mulai merambah di wilayah mereka. Oleh sebab itu perlunya pendidikan pengelolaan dengan lestari dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

Site search

    Blogger news

    Blogroll

    About